Ust. Yusuf Mansur Diary

Diary Online Ustadz Yusuf Mansur

Anak sebagai Amanah & Karunia Allah

23 Dzulhijjah 1430 atau bertepatan dengan tgl 10 Desember 2009 saya jadi ayah neh, hehehe jalan2 sama anak2 saya ke ancol sama kawan2 TK nya.
TK Daqukids Daarul Qur’an. Ini jalan2 gak wajib sih. Cuma ayah ibunya tuh kawan2nya Qumii & Abang Kun pd ikutan. Tar kalo saya gak ikutan, Qumii samaKun kyk ga punya ayah hehehe.

Alhamdulillah, Allah yg memberikan ayah & ibu kenikmatan memegang jari jemari anak2nya. Allahlah yg memberi semua kenikmatan ayah & ibu kenikmatan menikmati senyuman, rengekan, tangisan & bahkan ambekan anak. Allahlah yg memberi semua ayah & ibunya kenikmatan meng-
gendong anak, menikmati tidurnya anak di pundak sambil ngegendongnya dan ngebacainnya senandung shalawat. Subhanallah…Ditengah kebahagiaan saya & istri saya & wali2 murid Daqukids, ada yg tidak berbahagia. Barangkali sdg bermasalah rmh tangganya. Sdg Pisah dg suami atau istrinya, atau anaknya sdg trbaring lemah krn sakitnya, atau anaknya kena
mslh kenakalan anak2 remaja..ada yg malah blom punya anak,atau bahkan belom menikah, sehingga dr mana judulnya anak..

SEMOGA ALLAH MENGHADIAHKAN kepada semua-Nya, pertolongan-Nya dengan kebesaran-Nya, keajaiban-nya disemua urusan masing-masing. Yg Payah anak2nya agar Allah baguskan. Allah bebaskan smua anak2 kita dari jeratan narkoba & seks bebas jika sedang terbelenggu. Dan bagi yg blum terjerat, jgn sampe kena. Buat yg anaknya sdg sakit,agar Allah berikan berjuta2 keajaiban kesembuhan-Nya. Buat yg anak2nya sdg sekolah, sdg kuliahm agar Allah dampingi di setiap thpn belajar hingga dewasanya & bahkan hngga wafatnya nanti & buat keturunan2nya lagi sampe hari akhir.

Buat yg belum dikaruniai anak, semoga Allah memberikannya anak keturunan, dan buat yg belom diberikan jodoh, semoga Allah memberikan jodohnya juga keturunannya. Pokoknya segala sesuatu yg berkenaan dgn anak2 kita, semoga Allah mengabulkan do’a2 kita ya.

Doakanlah anak2 kita serajin2nya, sesering2nya. Sya usahakan membacakan anak2 saya minimal 1X Yaasiin u/ semuanya & Al Fatihah u/ semuanya. Kalo lagi gak sibuk, saya usahakan malah 1-1 ya 1x Yaasiin & 1X Faatihah untuk tiap2 anak. Subhanallaah..ya, apalagi yg lebih mahal yang bisa kita persembahkan buat anak2 kita selain dari pada Do’a kita yg mengawal mereka, Alirkan anak2 kita izki yg halal, agar tidak rusak akal dan pikiran, kelakuannya, Banyak2 minta ampun kpd Allah, Anak adalah amanah Allah, yg selama ini bs jadi kt banyak salahnya.

Anak dititipkan Allah kepada kita, namun jangankan mengajak anak baca Al Qur’an, jangan2 kita sendiri ga rajin baca Al Qur’an, jangan2 anak2 kita ga kenal masjid, karena bisa jadi kitanya malahan jarang ke masjid, kalo ga ada Jum’at kita bs jd ga ke masjid, jd kalo bisa huruf2 hijaiyah kita kenalin dgn lisan kita sendiri, langsung diajarin sm ayah bundanya,jangan biarkan memori indah belajar kalamnya Allah malah direbut sm guru2 ngaji, make
kaen lucu2an kt yg makein, ajarin pk mukenanya untuk anak perempuan, sajadah pertama kali kita gelarin, ajak dia ngelihat bulan dan bintang, bukan gedung salabintana, tp dihalaman rmh kita sambil shalat malem. Mantep..!!! ajak anak2 kita merumput dilapangan rumput mana gt,bukan untuk sekedar jalan2, tapi untuk sholat Dhuha menikmati suasana Dhuha.
Hingga suatu saat anak kita yg akan mengumandangkan azan saat kita berada di liang lahat & kemudian kita ditinggalkannya untuk selama2nya. Amit2 ya Allah jangan sampe kita dikubur yang ngajiin malah tetangga, seribu kali banyaknya yg doain tp kalo bukan anak kita duh, duuh sedihnya…jangan sampe jg ya Allah ketika tukang gali kubur nanya, siapa nih yang
jd ahli warisnya mayyit yg mau ikut ngegali?, lalu gak ada satupun anak2 kita yg turun, sampe yg azanin pun begitu malah orang lain.

Ok, saya ada rekaman khutbah jum’at di Istiqlal tgl 17 Dzulhijjah 4 Desember, itu penuh bertutur mengenai masa kecil saya. Semoga bisa keluar CD nya, atau di upload di web wisatahati.com, itu pertama kalinya saya bicara ttg masa kecil, semoga bisa menjadi inspirasi buat para ayah & ibu, Alhamdulillah Ya Allah anak2 kami semuanya disehatkan Puas banget kakyaknya tuh wajah2 anak2 saya. Sampe Hafidz yang masih kecil senengnya minta ampun diajak naek kereta gantung.

Doain ya.

Salam

About these ads

December 11, 2009 - Posted by | Cerita |

46 Comments »

  1. Subhanalloh… mmg anak adalah harta yg tak ternilai…semoga Alloh dpt membimbing kita untuk dapat mendidik mereka dengan benar. Amin….

    Comment by ummu adam | December 11, 2009 | Reply

    • Allahuakbar..

      Comment by dannti | May 27, 2011 | Reply

  2. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh Pak Ustadz Mansur,

    Alhamdulillah , Pak Ustadz Mansur bahagia hati saya baca diarynya tentang anak ini, subhanalloh, barokalloh, buat Pak Ustadz dan keluarga , sy juga punya anak laki-laki 8 thn ingin suatu hari bisa belajar sholat ditempat Pak Ustadz. Disini sy sendiri masih dalam proses belajar dari facebook atupun dari you tube. Salam buat keluarga, semoga Allah memberkahi Keluarga Pak Ustadz dan keluarga kita semua. Amin.

    Wassalam

    Comment by Nunung Sumiyati | December 11, 2009 | Reply

  3. Semoga Allah cepat mengaruniakan seorang anak yang lucu dalam rumah tangga kami.. Amiin

    Comment by Fielda | December 11, 2009 | Reply

  4. indah bgt ya ustad bisa berkumpul dengan keluarga tiap hari….

    Comment by giarno | December 11, 2009 | Reply

  5. subhanallah ustad pngn banget mmperlakukan anak sperti itu mnikmatinya bukan mengeluhkannya.

    Comment by meilani | December 11, 2009 | Reply

  6. alhamdllah… bidadari kecilku saat ini berusia 4 bulan 9 hari.. saat ini saya bertugas di provinsi riau sedang istri dan tiaraku tinggal dibekasi.

    Comment by giarno | December 11, 2009 | Reply

  7. saya uda menjalankan yg ustadz jabarkan diatas.tp ada kendala dgn ank saya yg paling besar dia kemasjid cuma bs magrb dan isya aja krn dia bnyk kegiatan disklh nya dia uda kls 3 smp gmn ustadz solusinya? anak sy laki2

    Comment by Rita yohana | December 11, 2009 | Reply

  8. Subhanalloh…, anak adalah harta yg tak ternilai
    Semoga Alloh SWT dapat membimbing kita, saya khususnya untuk dapat mendidik mereka dengan benar… dan bisa menikmatinya bukan mengeluhkannya…., Amiin ya Robbal ‘Alamiin..
    mohon do’a dari Ustadz Yusuf

    Comment by Niknik Siti Maryam | December 11, 2009 | Reply

  9. assalamualaikum ustadz,
    Alhamdulillah, terima kasih banyak atas tulisannya, saya mempunyai 2 orang anak perempuan 9th dan laki laki 5th, sedang “bandel2nya”, tulisan ustad membuat saya sadar untuk lebih bisa memperbaiki diri agar bisa membimbing anak2…amanah dari Allah.
    Wassalam

    Comment by mayasari kusuma | December 11, 2009 | Reply

  10. Subhanallah….
    aLhamdulillah masa2 pengenalan awal keislaman saya selalu didampingi kedua oarang tua saya…
    tak terasa setelah membaca tulisan ustadz seketika air mata saja jatuh, meskipun saya belum merasakan indahnya menjadi seorang ibu, saya dapat merasakan begitu ikhlasnya kedua orang tua saya membimbing saya sampai sekarang.

    n satu lagi, saya tlah lama merindukan datangnya sang belahan jiwa, namun sampai saat ini blm juga datang, apa yang harus saya lakukan ustadz???
    terima kasih
    Waalaikum salam…

    Comment by eva | December 11, 2009 | Reply

  11. alhamdulillah stlh 7 th nikah qta akhirnya dipercaya Allah utk punya anak, skrg sdh 2 yg 1 laki2 umurnya 4 th, yg ke 2 pr umurnya 2 th 8 bln. walaupun kadang ada sebel, marah krn tingkah laku mrk tp lbh byk bahagianya. alhamdulillah rmh kami dkt mesjid jd yg bsr suka ikut ayahnya sholat berjama’ah & sore ngaji iqro…alhamduillah ya Allah krn tlh Kau berikan rezeki & kebahagiaan kpd kami…amiiin.

    Comment by NUNI | December 11, 2009 | Reply

  12. betul ustadz..selama ini sy mungkin lupa kalau segala rengean atau kenakalan mereka adalah bentuk nikmat yg ALLOH berikan pada sy sbg seorang bunda..t’nyata nikmat ALLOH itu amat sangat banyak yg telah d beikan pd saya tp saya sbg orangtua msh dangkal ilmunya shg terima kasih ustadz sudah ingatkan saya. smg ALLOH senantiasa m’berikan kami umur yg panjang & ilmu sbg orangtua yg baik & benar d mata ALLOH. amin.-

    Comment by aryani | December 11, 2009 | Reply

  13. Indah memang kehidupan yang kita alami ini, dalam sebuah keluarga anak menjadi dambaan dan harapan kita di masa mendatang. Dalam hiruk-pikuk dan eramaian dunia dengan pel bagai budaya dan sarana yang serba ada, semoga kekuatan iman untuk menegakkan aqidah tetap Allh limpahkan agar kami dapat mendidik dan mengarahkan anak-anak menjadi lebih baik.

    Comment by Atin Krisnanto | December 11, 2009 | Reply

  14. ass
    subhanallah,,,
    bgtu bsr ksh syg 0rtu kpd ank’a,h9ga styp dtik dlm hdp mrk tk prnh bs lps u/ mmbrikn cnt,ksh syg,prhtyn,d0a & hrpn bx u/ ank2′a
    smga pra 0rtu sllu dbrkn kkwtn & ksbrn u/ bs mnddk ank’a mnjd ank yg s0leh/slehah srt dbrkn tmpt yg plg indh yg Allah pny dakhrt klak & abdi dsurga u/ slama’a!
    Alhmdllh,pji sykr kpd Allah yg tlh mmbrkn sy hrt yg amt s9t brhrg yg tdk prnh da bdn9n’a ddnia!
    Ayah&Bunda,trmksh, ì love u!
    trmksh utsd!!
    wass

    Comment by jamal muslim | December 11, 2009 | Reply

  15. Amin,Semoga keluarga Ustad selalu dimudahkan oleh Allah SWT,Amin. kadang iri melihat kelengkapan hubungan anak dan orang tua yang begitu indah,

    Comment by CILIK SELIA | December 11, 2009 | Reply

  16. Anak adalah amanah Allah kepada orang tuanya. Waktu saya kecil dikasih target saya ayah boleh sunat kalau sudah khatam Al Qur’an, Alhamdulillah saya khatam Al Qur’an dengan benar waktu jelang akhir ajaratn kelas II SMP(udah gede yaa)dan disunatlah saya dengan pesta yang cukup meriah ala kampung, dengan arak-arakan naik kuda dari tempat saya mengaji sampai kerumah dengan pakaian ala pangeran Diponegoro. Pengalaman yang sangat mengesankan. Pengalaman tsb yang tularkan pada anak2 saya alhamdulillah anak pertama berhasil khatam Al Quran sebelum sunat anak de 2 dan ke 3 InsyaAllah.

    Comment by Aliek Akhmad Mustholih | December 11, 2009 | Reply

  17. Subhanalloh, semoga menjadi inspirasi buat kami yang juga punya anak masih kecil2.Amien…

    Comment by surayah rangga | December 11, 2009 | Reply

  18. Asswrwb, Terima kasih ustad mudah-mudahan saya dan istri bisa mendidik anak-anak kami menjadai anak yang saleh, pintar, sehat dan bermanfaat utk agama, bangsa dan negara serta keluarga. Amin, mohon doanya Ustad terima kasih Wasswrwb

    Comment by edy supriyono | December 11, 2009 | Reply

  19. Alhamdulillah… stlh menanti slm 11 thn lbh, sy akhirnya diberi amanah Allah, seorg putri cilik skrg 5 thn. Dia sdh bs menghafal Juz Amma sampai As Syams, Ayat Kursi, Al Baqoroh ayat 1-5 & bbrp doa lainnya… Mohon doanya Ustadz smg dia bs menjd anak yg Sholehah…

    Comment by Pipiet | December 11, 2009 | Reply

  20. Ya Allah..Berilah hamba & suami hamba Kesabaran dan Keikhlasan dalam menjalani cobaanMU… Berikanlah Kepercayaan kepada kami kembali, untuk juga merasakan hal yang sama…Indahnya Menjadi Ayah & Ibu.
    Amin…

    Comment by Rahma | December 11, 2009 | Reply

  21. ass,setelah saya membaca untain kata2 ustad saya sangat terkesan,moga2 dapat saya jadikan pembelajaran n mengambil hikmahx biat anak2 saya kelak. wass.

    Comment by sofian marsudi | December 11, 2009 | Reply

  22. Asswrwb,mudah-mudahan pengalaman pa ustad bisa saya dan suami contoh ,anak memang titipan Alloh kalau kita tidak bisa menjaga titipan Alloh dengan baik celakalah kita

    Comment by dewisolihat | December 11, 2009 | Reply

  23. semoga anakku bisa mendapatkan ganti ayah yang semulia pak ustadz..

    Comment by intanZ | December 11, 2009 | Reply

  24. Semoga sebagai orang tua kita selalu ingat atas indahny dan besarny rahmat Allah yg bernama”anak”..menjadikn kita orang tua yg lbh baik lg..amin..

    Comment by Widhi | December 11, 2009 | Reply

  25. ass wr.wb,terima kasih atas ilmunya ustadz,,,semoga saya dan suami di beri kesempatan oleh Allah menjadi orang tua seperti ustadz,dan Allah memberi anak dlm kelg kecil kami yg sdh 6th,tapi Allah masih belum memberi amanah.mohon doanya ustadz,,,,,agar saya bisa merasakan indahnya menjadi seorang ibu.wassalam….

    Comment by ika ayu sufariana | December 11, 2009 | Reply

  26. subahanaalloh…bahagianya sy jd iri sekali,karena sy sdh 5thn blm jg diksh rezkiyg berharga itu,mohon doanya pa ustad.;

    Comment by siti komariah | December 11, 2009 | Reply

  27. Assalamualaikum.wr.wb. Ustadz.
    Sungguh menyentuh tulisannya. Sy sampe kg bisa mmbyangkn ms kcil sy . . .
    Sbab apa yg diajarkan ke pd anak2 Ustadz sy tdk mengalaminya. . .
    Wlo bgitu sy ttp b’syukur dikarunia Ortu yg pengertian. . .
    Makasih ustadz., wassalam. . .

    Comment by Lehin | December 11, 2009 | Reply

  28. As.Pak Ustad,sy subiyanto mau tanya.sy punya istri dua semua nya nikah syah. Tp waktu sy nik ah sm yg kedua istri pertama ti dak tau/sy tdk minta ijin sm istr i pertama. yg ingin sy tanya kan syah apa tdk pernikahan sy dg istri kedu a.

    Comment by M.Subiyanto Al-Farouq | December 11, 2009 | Reply

  29. ustad..mohon doanya agar didekatkan jodoh saya.amiin terima kasih untuk semua ilmu2nya,Semoga Ustad sekeluarga selalu dikaruniai kesehatan dan lindungan Allah SWT

    Comment by erna | December 11, 2009 | Reply

  30. Alhamdulillah, saya sudah dapat pelajaran dari ustadz.. Dan yg mau memberi bantuan klik di sini. Terimakasih,

    Comment by Enang Suhana | December 11, 2009 | Reply

  31. Alhamdulillah.. terima kasih sdh diingatkan pak ustad.. terutama soal belajar ngaji itu… Mohon doanya juga pak ustad..

    Comment by devi | December 12, 2009 | Reply

  32. Jazakallah ustadz…

    Comment by abu hala | December 12, 2009 | Reply

  33. :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
    :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
    :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
    :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(
    :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-( :-(

    semoga ALLAH mengentengkan dan membukakan jodoh kepada saudara-saudara kita yang belum bertemu dengan jodoh-NYA, menenangkan hati-hati yang sedang kegelisahan menanti pedamping, diluruskan niatnyaaa, ditundukkan kepalanya untuk dapat menimba ilmu Allah yang begitu luas, dilebarkan hatinya agar dapat menerima masuknya ilmu yang diperdengarkan oleh telinga-telinga kita,khususnya saudara kita yang bingung belum mendapat jodoh, namun tak ada kesempatan untuk belajar mencari lewat Ridho-NYA Allah….

    Ya ALLAH, saya kirim doa AL-Fatihah ini, dikhususkan untuk saudara-saudara kami semua dibelahan Indonesia ini yang belum mendapatkan jodoh dan keturunan anak, khususnya tetangga saya Acep, Agan, Hendi, Ari,Dedi, Bule, Tanto, Dwi, Narmeh, Basirun, Yadi, Om Bowo, Dedi Supandi, wabil khusus Kakak Perempuan saya Sri Widiastuti Binti Matrawi semoga diluruskan dan didekatkan jodohnya…

    Alfatihah :———————————————-
    Amin
    Amin
    Amin Ya Rabbal `Alaminnnnnnnnnn

    Comment by hadiprionggo@yahoo.co.id | December 12, 2009 | Reply

  34. subhanallah,,, anak adalah benaar2 investasi kt dari liang lahat sampai kehidupan akhirat kelak . Allhamdulillah,,,, ya Allah Engkau titipi hamba anak……

    Comment by yulia haryanti | December 12, 2009 | Reply

  35. subhanalloh, anak sebagai amanah dari Alloh, juga sebagai ujian bagi orangtuanya. tergantung kita bagaimana mengasuh dan mendidiknya, dan saya selalu berdo’a untuk anak saya, juga anak-anak dimanapun berada, semoga anak-anak kita menjadi anak yang 4 S : Sehat (jasmani rohani), Smart (cerdas baik intelektual/IQ, emosi/EQ, dan spiritual/SQ), Solih/Solihah, dan Selamat Dunia Akhirat. Amiin Ya Robbal ‘Alamiin.

    Comment by aspiyah bachrun | December 12, 2009 | Reply

  36. subhanallah, anak adalah titipan Allah SWT, maka dari itu kita harus menjaga dari mulai dia lahir sampai shir hayat kita, meskipun sdh menikah atau sdh ada yg tanggung jawab tp kt sebagai orang tua masih punya tanggung jawab pd anak kt

    Comment by rahmawati abdullah | December 12, 2009 | Reply

  37. Assalamu’alaikum W.W. Ust .Mansyur semoga Allah Merahmati, Amiin. Saya seorang ibu bagi dua orang anak, dan guru bagi anak-anak didik. Membaca tulisan Ust. saya jadi merinding, dan amat sedih. Betapa tidak , sendainya kita sudah menjadi mayat, anak-anak yang ditinggal belum juga soleh soleha, Na’udzubillah summa na’udzubillah himindzalik. Mohon doa Ust. tak ada yang paling membahagiakan di dunia ini selain memiliki anak anak yg soleh soleha.

    Comment by ildawati Moch. Dami | December 13, 2009 | Reply

  38. Assalamu’alaikum ustad.
    Seneng banget aku baca tulisan ustad, begitu menenangkan.. begitu menggerakkan hati. Terimakasih ya ustad atas segalanya.
    Doain aku ya ustad semoga cepat menemukan jodoh, dan setelah menikah cepat punya momongan.Amin ya robbal alamin.. InsyaAllah aku akan mendidik anak2ku menjadi anak2 yang soleh dan solehah, menjadi muslim yang tangguh.. insyaAllah.

    Comment by Anita | December 13, 2009 | Reply

  39. Terima kasih ustadz atas nasehatnya, semoga saya bisa menjadi ibu yang baik dan bisa memberi contoh untuk anak-anak kami.

    Comment by Uzah | January 5, 2010 | Reply

  40. ya Alloh ,sebenarnya anugerah dan kenikmatan dariMu ya Alloh sangat banyak ….,bahkan tanpa kita sadari.pada saat blm ada keturunan kami memohon2 .setelah Alloh amanahkan anak kepada kami, kadang kami sibuk dg kerjaan kita .pada saat kita pulang kerja mudah marah saat anak2 kita merengek ini itu ,Ya Alloh kalo kita berlapang dada dan membuka mata hati kita .nikmat yang Alloh berikan pada keluarga ku,di berikan anak2 yang sehat ,pinter2 dan kalau kita bersabar mengajarinya mereka mudah menerimanya ….dan kita hrs ikutin mode nya .
    ya Alloh jadikanlah keluarga kami keluarga sakinah dg anak2 sholeh dan sholehah .
    amin

    Comment by bunda anra | January 22, 2010 | Reply

  41. Ya..Alloh,,anugerahkanlah pada kami apa yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba2MU yang sholih,seperti guru kami Ustadz Yusuf Manshur dan keluarganya,,.Ustadz mohon do’anya,kami sudah menantikan keturunan selama 8 th..,semoga Alloh mengabulkan ..Aaamiiiin.terima kasih ustadz..

    Comment by Hidayati | May 6, 2010 | Reply

  42. subhanallah,,, memang anak adalah buah hati orang tua, kbahagiaan seorang anak adalah merupakan kbahagiaan orang tua,,, ya Allah, karuniakanlah kami anak yang sholeh dan sholehah,,, aamiiin…

    Comment by wahiduddin | May 18, 2010 | Reply

  43. ALLAHU AKBAR.Semoga Allah mengabulkan doa dan harapan kita AMIIIIIIIIIN. terima kasih ust atas rubrik diary ini . saya jadi lebih bersemangat mendoakan anak anak saya karena saya bekerja jauh dari mereka , semua saya lakukan demi masa depan mereka , bukan untuk menelantarkan mereka. TAPI SAYA YAKIN DOA ORANG YANG SALING MENCINTAI AKAN CEPAT DI KABULKAN OLEH ALLAH AMIN . Semoga Allah swt melindungi rumah tangga dan anak keturunan kita dari adzab api neraka,sakinah mawaddah warrohmah, keluarga YANG BAHAGIA DAN PENUH RAHMAD DR ALLAH SWT, AMIN.

    Comment by shiela | January 29, 2011 | Reply

  44. subhanallah.. anak merupakan amanah dari Allah yang harus kita pertanggungjawabkan kepada Allah swt

    Comment by ibu guru | May 27, 2011 | Reply

  45. Subananallah betapa berharganya anak kita adalah titipan&anugrah dr Allah jd jangan kau sia2kan mrk , didiklah dg baik &penuh kasih sayang bukan dengan kekerasan.

    Comment by Ummi | September 14, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 156 other followers

%d bloggers like this: