Ust. Yusuf Mansur Diary

Diary Online Ustadz Yusuf Mansur

Tausiah

76 Comments »

  1. bgmn caranya bertaubat nasukha

    Comment by muhamad Robiin | December 15, 2009 | Reply

    • Saudara, insyallah sudah ada niat untuk bertaubat..Karena sebenar2nya taubat adalah taubatan nasuha, yaitu taubat sebenar2nya kepada Allah dan memohon ampun sepenuh dan seikhlas2nya dari hati akan segala kesalahan yang pernah ente perbuat…

      sebenernya caranya tidak susah dan tidak mudah juga…

      1. Niat –> ini penting untuk segala sesuatu, karena semua diawali oleh niat
      2. Kegiatan –> Berdoa kepada Allah, mohon ampun kepada dzat yang paling mulia..
      3. Perbuatan –> Tidak melakukan perbuatan yang kemarin2 pernah ente buat…
      4. Sedekah –> Habiskan Harta anda dijalan Allah, niscaya harta itu tidak akan pernah habis..

      kira-kira itu sih..mohon maaf kalo ada salah2 kata

      wassalam

      Comment by Andi Nugroho | January 10, 2012 | Reply

  2. Bagaimana caranya mempertegar hati untuk bisa lebih bersabar dalam menghadapi sikap dan tingkah laku suami yang tidak mau pulang ke rumah (suami lebih memilih hidup bersama orangtuanya)?

    Comment by Melli Henti Moriska, SE | December 16, 2009 | Reply

    • Ustad saya mau nyak,gmn cra menyakinkan cwok saya biar bsa percya sama saya lge,saya tau saya bnyak kesalahan yg slama ini saya perbuat akibat dri kelakuan saya sndiri,dan dia lbih memilih untuk mnjadi keluarga(kakak dan adek),tnpa saya stujui juga,apakah yg sbaek saya lakukan,mnrimanya dngan ikhlas ato bgaimana??

      Comment by bening suci lestari | August 29, 2012 | Reply

  3. Assalamualaikum, Ust. bagaimana caranya menghadapi suami yang selalu mengeluh dengan keadaan saudara2 saya yang sudah berkeluarga dan tidak pengertian, soalnya kami masih tinggal serumah.

    Comment by uthe | January 4, 2010 | Reply

  4. Assalamu’alaikum,
    Rasulullah Saw bersabda : “Siapa membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam, dia tidak akan ditimpa kesusahan atau kemiskinan selama-lamanya. (Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas’ud r.a.). Alhamdulillah surah Al Waqiah, menjadi salah satu surah yang InsyaAllah selalu saya baca setiap hari. (Dewi Yana, http://jalandakwahbersama.wordpress.com )

    Comment by jalandakwahbersama | January 6, 2010 | Reply

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb. Ustadz.
    Saya bertemu wanita impian saya, menjaga kehormatan, komunikasi dua arah, respect dan mengurus kedua orang tuanya. Saya ingin memperistrinya, hanya saja… dia wanita non muslim (protestan).
    Apa yang harus saya lakukan?
    Terimakasih. Wassalaamu’alaikum wr.wb.

    Comment by st | March 7, 2010 | Reply

    • jangan dinikahi, karena sesungguhnya cinta yang timbul seperti itu bukan karena ibadah kepada ALLAH, melainkan godaan iman kita yang datangnya dari syaithon

      Comment by Adi Kurniawan | January 17, 2012 | Reply

    • jangan pernah berniat untuk beristri non muslim, kecuali dia mau masuk memeluk agama islam

      Comment by albet | August 31, 2012 | Reply

    • NIKAHI kalau antum yakin dan mampu membantunya untuk Masuk Agama Allah SWT.

      Comment by Kakak VOX | October 18, 2013 | Reply

  6. Assalamu’alaikum
    Ust, bagaimana agar kita bisa senantiasa istiqomah dengan amalan-amalan yang sudah biasa kita lakukan? dan bagaimana agar amalan kita tetap ikhlas?
    Wassalamu’alaikum

    Comment by Iman | March 20, 2010 | Reply

  7. Ass..pak ustad yusuf mansyur..
    pak saya mau nanya,kenapa ya manusia banyak pertanyaan? mbok ya hidup ini dijalani aja apa adanya..semuanya udah ada yang mengatur toh..kita sebagai manusia cuma bisa ikhtiar,doa dan setelahnya tawakal toh..jawaban semua pertanyaan ada di hati toh..so ask ur heart n be close to ur heart..

    Comment by dede | August 23, 2010 | Reply

  8. apakah menafkahi orang tua termasuk sedekah atau kewajiban?

    Comment by devy | January 3, 2011 | Reply

    • Hallo ukhti Devy,

      Kalo sekarang ane tanya..orang tua ente dulu kasih uang jajan itu karena apa?

      1. Rasa Syukur telah diberi kesempatan sama Allah telah di titipi karunia sebuah maha karya indah Allah berupa anak, dan itu sangat dijaga oleh Orang tua ente…

      2. Wujud Kasih sayang orang tua kepada buah hati..

      Nah sekarang, apakah iya kita tidak membalas budi baik beliau? Astagfirullah…Alam semesta ini tidak dapat membayar untuk segala budi baik kedua orang tua kita…

      Selagi kita bisa, memberikan yang terbaik untuk kedua orang tua kita kenapa tidak..selagi masih ada nafas dan selagi masih bisa menatap wajah manis kedua orang tua kita…berbuat baik itu adalah KEWAJIBAN kita sebagai buah cinta dari mereka…

      diluar dari pertanyaan menjadi sedekah atau kewajiban tersebut :)

      mohon maaf apa bila ada perkataan yang tidak berkenan

      wassalam

      Comment by Andi Nugroho | January 10, 2012 | Reply

  9. Ustad,bgmna cara menjaga hafalan Alqur’an?dan sll istiqomah dlm menjaganya.

    Comment by Rofiqoh | February 8, 2011 | Reply

  10. Askum…Ustad sy sgt merindukan suami/imam kami ini bs mnjadi tauladan kami dan bisa membimbing kami ke jalan Allah,tp kenyataannya malah sebaliknya….Jadi,gimana kami hrs menyikapi ini?….

    Comment by Tika | February 19, 2011 | Reply

  11. Gimana caranya bersikap kepada suami yg bila brbicara sering menyakiti hati,bl brjanji selalu mengingkari,dan gemar sekali brdusta…

    Comment by Tika | February 22, 2011 | Reply

  12. Assalamu’alaikum wr wb
    pa ust yusuf mansyur sy mau tanya,1 bln yg lalu suami saya ditawari pekerjaan disebuah perusahaan lalu suami saya menerima tapi menunda’y krn disisi lain suami saya sdh mempunyai pekerjaan disebuah sekolah yaitu mengajar,sbnr’y suami saya tertarik dng pekerjaan diperusahaan itu tp suami saya meminta waktu utk menyelesaikan tanggung jawab disekolah. tapi sdh 1 bln perusahaan itu sdh tdk mengabari suami saya lagi padahal suami saya tidak menolak pekerjaan itu hanya saja menunda. apakah suami saya sdh menolak rezeki yang Allah berikan kpd suami saya?
    Sebelum & sesudah’y saya ucapkan terima kasih. wassalamu’alaikum wr wb

    Comment by fitri | March 2, 2011 | Reply

  13. Assalamu’alaikum wr wb
    pa ust yusuf mansyur sy mau tanya,1 bln yg lalu suami saya ditawari pekerjaan disebuah perusahaan lalu suami saya menerima tapi menunda’y krn disisi lain suami saya sdh mempunyai pekerjaan disebuah sekolah yaitu mengajar,sbnr’y suami saya tertarik dng pekerjaan diperusahaan itu tp suami saya meminta waktu utk menyelesaikan tanggung jawab disekolah. tapi sdh 1 bln perusahaan itu sdh tdk mengabari suami saya lagi padahal suami saya tidak menolak pekerjaan itu hanya saja menunda. apakah suami saya sdh menolak rezeki yang Allah berikan kpd suami saya?
    Sebelum & sesudah’y saya ucapkan terima kasih. wassalamu’alaikum wr wb

    Comment by fitri | March 2, 2011 | Reply

    • Wa’alaikumussalaam,,

      Afwan ibu, izinkan saya membagi pengalaman saya sendiri. Saya seorang Pemuda usia 25 th pada tahun 2012 lalu. 1 Tahun yg Lalu saya adalah seorang Pengajar tepatnya pengasuh Anak-anak Raudhatul Athfal (RA) / Taman Kanak (TK) dengan Gaji 200rb / Bulan selama 3 tahun. saya memang belum menikah jadi anggap saja gaji sebesar itu masih mending untuk seorang bujangan. Tapi kebutuhan demi kebutuhan khususnya untuk membantu keluarga karena saya sebagai kakak tertua dengan 5 org adik di bawah saya memotivasi saya untuk mencari pekerjaan yg mempunyai penghasilan lebih dari itu. akhirnya sayapun berusaha mencari pekerjaan lain, dan pada tengah tahun ajaran 2012 lalu seorang suami rekan mengajar saya menawarkan ada loker di tempat dia bekerja, kebetulan beliau kenal dengan Kabag yg akan mengetest saya. akhirnya dengan penuh harapan, saya pun mencoba mengikuti test loker tsb di sebuah perusahaan BUMN yg sekarang ditangani Outsourcing. dengan giat saya menyiapkan semua. begitu test kebetulan hanya saya sendiri karena loker tidak di buka untuk umum. dan kebetulan dibutuhkannya hanya 1/2 org saja. singkat cerita sayapun di test sebuah program yg mana saat itu saya belum begitu faseh dengan program itu, Alhasil sayapun dikabari oleh Suami Rekan guru saya kalau saya tidak lulus.. Tapi beliau masih memberi harapan kepada saya, “belajar saja dulu nanti kalau sudah bisa tinggal menghubungi”. Namun, sepanjang perjalanan saya belajar program itu, dengan kebetulan sekali bertepatan dengan akhir taun yg mana ibu tau sendiri kesibukan seorang pendidik di akhir tahun bukan :D . ketika sibuk-sibuknya mengisi raport dan persiapan akhir tahun, berulang kali saya ditanyakan kesiapannya sejauh mana. saya tidak bisa menjawab banyak, yg saya jawab “saya mau menyelesaikan tanggung jawab saya dulu kepada instansi tempat saya bernaung”. akhirnya pekerjaan itupun berlalu dan sudah di isi orang lain. . seiring waktu berlalu, setelah tahun ajaran baru sayapun memutuskan berhenti mengabdi dan fokus ikhtiar mencari pekerjaan lain. proses demi proses loker saya ikuti dan belum membuahkan hasil. sampai pada Akhirnya pada Awal tahun 2013, Suami rekan guru saya itu memberi kabar lagi bahwa ada loker lagi di tempat dia bekerja. setelah mengikuti proses seleksi dari sekian ratus orang, Subhanallah Akhirnya berkoat Do’a dari orang tua saya khususnya ibunda tercinta, keluarga dan rekan jg para sahabat, saya di terima, saya amat sgt bersyukur Allah menjawab dan mengabulkan do’a saya meski harus di tempatkan diluar kota. dengan mantap dan yakin saya jalani dan niatkan ini sebagai awal saya melangkah dan berjuang untuk masa depan saya dan keluarga. Alhamdulillah sampai saya menulis komentar ini saya sedang istrahat bekerja :D di salah satu anak perusahaan yg di naungi BUMN tsb. Subhanallaah.. Allaahuakbar..Allaahuakbar..Allaahuakbar.. Walillaahilhamd.

      Semoga penglaman ini bisa mengeuhkan hati ibu dan suami untuk tetap yakin bahwa Allah tidak tidur, Allah yg Maha Merencana, Allah sebaik-baiknya perancang hidup kita. InsyaAllah. Semoga Allah memuliakan ibu dan Suami ibu beserta keluarga dengan kecukupan Rezeki yg penuh Keberkahan dari Allah. Tetap semangat yaa bu buat suaminya.. :D (y)

      Wassalaam.

      Comment by Kakak VOX | October 18, 2013 | Reply

  14. Assalamu’alaikum wr wb
    pa ust yusuf mansyur sy mau minta doanya semoga diberi kelancaran keselamatan, kami sekeluarga sedang menunggu kelahiran calon anak perempuan yang pertama,kalo gak keberatan ust kasih list nama nama islami yang mempunyai arti dan makna yang baik..
    Sebelum & sesudah’y saya ucapkan terima kasih.
    Nurul hilal
    wassalamu’alaikum wr wb

    Comment by hilal | March 4, 2011 | Reply

  15. ustad,sy wanita usia 28 th ingin sekali menikah akan tetapi laki-laki yang janji untuk menikahi saya tersebut lama tidak segera menikahi saya. jika saya tanya tentang pernikahan dia jawab masih nabung padahal sudah 3 tahun lebih hingga saat ini.saya setia menunggu.saya juga sudah berdoa, saya harus bagaimana ustad???

    Comment by ari | March 8, 2011 | Reply

  16. apa yg ngurus web ini st yusuf mansur?

    Comment by cincin perak berkualitas | March 31, 2011 | Reply

  17. Ust.saya itu punya kebiasaan buruk yg susah banget saya hilangkan, gimana caranya biar saya bisa nglupain kebiasaan buruk itu??

    Comment by suroyo | April 7, 2011 | Reply

  18. Assalamu’alaikum pa ustadz… Mohon nasehatnya, sy seorang istri yg lg punya masalah keuangan, sedang suami tak mengetahuinya, bukannya sy ga mau berterusterang kpdnya. Sy hanya ngga ingin menambah bebannya.
    Ini adlh kesalahan sy yg tak pandai bersyukur, hampir setahun yg lalu setiap bulannya saya selalu gali lobang tutup lobang buat nyukupin uang belanja. Sebenernya sy mo ngomong tp takut dibilang istri yg ga tau terimakasih, krn sy tau penghasilan suami sy pas2an. Dan pada saat itu sy pegang arisan harian, jd sy pake dulu uang arisan, tp tiap gajian sy selalu menggantinya. Sy ga mau dicap org yg ga bisa pegang amanah. Makanya sy bantu2 cari uang kecil-kecilan jualan kue nitip diwarung.
    Nah yg jd masalah ko kayanya ga berkah… Karena makin kemari utang blm bisa ketutup sedang pengeluaran bertambah, padahal sisa hasil usaha sy suka sy pake buat dijalan Allah yah walaupun ga seluruhnya, tp insyaALLAH sy rutin berinfaq, karena sy yakin bgt dengan begitu Allah pasti akan memudahkan jalan sy. Dan sampai saat ini kenapa sy blm bisa menyelesaikan masalah itu, hati sy sebenernya udah capeeee bgt, gali lobang tutup lobang. Kenapa Allah baru ngasih pertolongan yg seperti ini dulu, kenapa ga sekaligus aja, saya cape pa ustadz.
    Yang sy rasakan hikmah dari semua ini adalah sy jd tambah deket dengan Allah, dan Alhamdulilah sunahNya sudah sy jalani, tp kadang kalau waktunya dah deket gajian hati sy gundah, karena uang bulanan yg diberikan suami sy pake buat pinjaman arisan sy, walaupun nanti jg ada gantinya karena anggota yg ikut arisan itu bayar setiap hari, agak sedikit tenang. Pa ustadz… Tlg kasih sy nasehat apa lagi yg harus sy lakukan, haruskah sy ceritakan ini semua kesuami? Sy takut suatu hari dia membenci sy dan sy takut jd bebanya sy ingin dia tenang mencari uang tanpa harus repot dengan kesalahan yg sy lakukan.
    Mohon dengan sangat nasehatnya, sy ingin selalu berada dlm ridho Ilahi, mungkinkah sy salah, dan Allah blm mengabulkan keinginan sy? Pa ustadz sy takut jika sy dipanggil Allah, sy meninggalkan hutang yang suami sy tak mengetahuinya, apa yg harus sy perbuat??? Mohon nasehat dan doanya. Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih banyak atas waktunya. Semoga Allah selalu mencurahkan rahmatNYA. Amiin

    Comment by Nuryani rahmat | May 16, 2011 | Reply

  19. ustad saya mau nanya: Dalam shalat isya berjamaah, pada rakaat pertama kita terlambat, setelah tahiyatul akhir makmum membaca tahiyatul akhir. Apakah kita yang terlambat ikut juga membaca tahiyatul akhir atau setelah makmum yang duduk apa kita langsung berdiri atau ikut membaca juga??
    Tolong berikan jawaban yang lengkap ya ustad. Makasih Ustad

    Comment by Hamba Allah | May 26, 2011 | Reply

  20. pak Ustad, Gimana mengasar salat dalam perjalanan jauh seperti asar ke zuhur. Apakah zuhur 2 rakaat/asar 2 rakaat?

    Comment by Hamba Allah | May 26, 2011 | Reply

  21. Assalamu’alaikum. Ustad saya belum lama diberi musibah, anak saya yg baru 2hr lahir didunia sudah dipanggil lagi oleh Allah, insya Allah saya ikhlas tapi ada yang menjadi pikiran saya ketika malam pertama tahlilan dirumah, tetangga saya didatangi oleh setan (kuntilanak). Yang saya mau tanyakan apakah benar kalau bayi itu disukai sebansa jin dan benarkah kematian anak saya berhubungan dengan hal-hal spti itu. terimakasih Ustad atas jawabannya. Wassalamu’alaikum wr.wb

    Comment by Khotim yuliah | May 30, 2011 | Reply

  22. Assalamu alaikum Pak ustadz…., saya mau tanya, apakah dosa saya akan diampuni oleh allah, saya selalu melakukan perbuatan yang hina, saya selalu mengeluarkan air mani saya dengan sengaja, saya sudah lakukan itu kurang lebih selama 6 tahun. Saya sudah bertobat tapi tetap saya selalu mengulanginya lagi. Saya tidak dapat menahan nafsu birahi saya, tolong saya berikan doa supaya bisa menahan hawa napsu saya, dan tuntun saya menuju bagaimana caranya untuk mensucikan diri dan taubatan nasuha. Wasslam…., hamba allah

    Comment by Hamba allah | June 8, 2011 | Reply

  23. ass…ustadz nm sy aming sy tinggal di bogor sy mau bertanya pd suatu hari sy bertemu dengan seorang pengusaha sukses sy ga bs sebutkan usaha nya dia bernama samin waktu sy ngobrol dengan nya emang orang nya ga sombong tp aneh nya dia ga suka solat malah klw judi dia hobi tp dia suka sedekah sm orang yatim fakir miskin
    yang sy mau tanyakan bagaimana tanggapan ustadz mengenai permasalahan di atas jika di kaitkan dengan solat dan sedekah karena kata ustadz solat dan sedekah harus seiringan

    Comment by aming | July 17, 2011 | Reply

  24. Asslmm….
    ustadz yang saya banggakan, mohon dilanjutkan untuk cerita perjalanan kehidupan anda saat menghadapi masa akan menikah…
    jujur ustadz saya masih remaja, tapi pingin nikah… udah punya sich calon, tapi belum siap….
    dalam hal pekerjaan dan rizqi untuk hidup sendiri saja pas-pasan ustadz…

    mohon masukannnyaa…
    Ahmad agung R.. di Klaten

    Comment by Ahmad Agung Riyadi | July 19, 2011 | Reply

  25. ustadz minta ijazah surat al waqiah. matur nuwun

    Comment by ari | July 28, 2011 | Reply

  26. ustadz saya mau tanya klo buat wanita yg hamil mesti bayar fidiyah atau dibayar puasa kalau sudah selesai melahirkan dan bisa lagi untuk berpuasa.dan bagaimana caranya kalau buat bayar fidiyah tersebut.

    Comment by zulkifli | August 26, 2011 | Reply

  27. Asslmm….
    ustadz yang saya banggakan . saya pingin nanya nih.
    bagaimana cara cepat menghafalkan AL-QURA

    Comment by nisa prikitiw | September 1, 2011 | Reply

  28. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ustadz Yth, karena lalai dengan tanggung jawab dan tugas yang diberikan sehingga saya menjadi orang yang tidak amanah, samapi saya terhutang sampai ratusan juta rupiah (hamper 1 m) yang harus saya lunaskan sampai dengan pertengahan Juni 2013, pernah hati ini hampir putus asa, dan mencoba mencari solusi diluar ridha Allah. (tapi Alhamdulillah belum terlaksana)

    Saat ini saya menjalani usaha bidang jasa komputer dan juga percetakan, sementara penghasilan usaha selama ini kalau harus untuk membayar hutang sebanyak angka tersebut dan kebutuhan makan juga kebutuhan lain-lain, sangat jauh dari mencukupi.

    Saya mohon solusi dari pak ustadz, baik itu dari sisi amalan, atau lain-lain sehingga saya bisa terlepas dari hutang2 ini

    Comment by andi | September 20, 2011 | Reply

  29. saya kalo mau bertanaya dgn ustd dimana ya forum’a
    mksh

    Comment by tiana | October 2, 2011 | Reply

    • Saya mau tau juga… Masih aktif ga ya blog ini??

      Comment by Arie | November 12, 2011 | Reply

  30. assalamualaikum wr wb …ustadz,,,izinkn utk berbagi ilmu

    Comment by evi sukma | November 19, 2011 | Reply

  31. asslamualaikum wr wb…

    Comment by evi sukma | November 19, 2011 | Reply

  32. aSSalamu alaikum,,, ustad saya mau curht nih,,, ini tntang khidupan yg sya alami… seseorg prnah dtang melamar sya, tp sya bimbang hrus mnerimanya atau tdak,,tp sya tdak d’brikan jlan untk mnerimax dr org tua sya,,skrg dya sdah mnikah dgn org lain, jujur pak ustad prasaan sya skrg kacau n stress,, krn memikirkn ini trus,, soalx dya jg sll tlfon sya,, pdahal dya sdah mau mnikah,, di lain pihak q mulai mnyukai dya,, itu sma halx klau dya m’brikan harapn kosong sma saya…
    mhon nih pak ustad solusinya,,, soalnya sya pusonk memikirkan ini,,,

    Comment by khusnul khatimah | November 25, 2011 | Reply

  33. Ass. Pak ustadz,,,, apa yang harus saya lakukan pak ustadz, saya seorang suami umur 35 tahun, kami sudah di karuniai 2 orang anak, masalah saya istri selalu menolak apabila saya ajak berhubungan badan dengan alasan yang tidak masuk akal, saya sudah capek menasehatinya pak ustadz, semua dalil dalam islam sudah saya nasehati, tapi setelah itu di tolak lagi, sekarang ini saya bingung dan stress pak ustadz, padahal semua nafkah gaji saya langsung saya kasi setiap bulan tanpa memotong 1 sen pun, tapi mengapa dia demikian menyiksa saya, apa yang harus saya lakukan pak ustadz, saya takut terjebak di lembah kemaksiatan, betul2 capek stress menghadapinya sekarang pak ustadz, sementara sepertinya dia menanggapinya biasa2 saja, mohon balasan pak ustadz….. wassalam

    Comment by Mr.M | December 2, 2011 | Reply

    • Mohon pencerahan pak ustadz

      Comment by Mr.M | December 2, 2011 | Reply

  34. Ass. P Ustadz.. Saya menikah 11 th yg lalu. Selama itu suami saya dalam melakukan sholat 5 waktu selalu tidak rutin. Saya sudah sering mengingatkan, tapi hasilnya tetap sama. Suami saya jg tergolong orang yg sering menuduh istri melakukan selingkuh. Padahal Demi Allah selama itu juga saya nggak pernah dekat dengan lelaki manapun, bahkan sampai sekarang saya masih bisa menjaga kehormatan saya sbg istri. Sampai saat ini jg saya nggak pernah berboncengan dg laki-laki apalagi sampek berduaan. Mohon beri saran dan petunjuk apa yg hrs saya lakukan.

    Comment by Candra Pertiwi | December 7, 2011 | Reply

  35. ass. pak. ustadz.
    saya memiliki problem dengan ayah saya, beliau menjual tanah yang dibeli oleh almarhumah ibu saya untuk keperluan adiknya yang berhutang kepada bank sedangkan adiknya tersebut telah memiliki 3 anak dan memiliki rumah. akan tetapi dengan alasan amanah dari almarhumah ibunya (nenek saya) ayah saya ingin menanggung beban hutang tersebut, padahal saya pun memiliki amanah dari almarhumah ibu saya bahwa tanah tersebut untuk kepentingan mengurus surat rumah dan membangun rumah yang tengah saya tempati saat ini serta menyelesaikan hutang2, akan tetapi ayah saya memaksa dengan dalih amanah dari ibunya (nenek saya) dan hak saya atas waris tersebutpun terpakai. yang ingin saya tanyakan:
    (1) mana yang lebih utama antara amanak keluarga kandung dengan amanah orang tua ?
    (2) bolehkah menolong adik kandung dengan mengorbankan kebutuhan/tanggung jawab
    kepada anak kandung ?
    (3) apa yang harus saya lakukan kepada ayah saya ?
    (4) jika saya menuntut hak waris saya untuk diberikan kepada saya, berdosakah saya karena
    menghalangi ayah saya untuk menjalankan amanahnya ?

    jadzakallah khairan katsiran

    wassalam

    ttd

    budi santoso

    Comment by budi santoso | December 8, 2011 | Reply

  36. ass pak ustad untuk amalan 2 doa pengasihan yg bersumber dari qur”an hukumnya gmn…..

    Comment by yoko | December 12, 2011 | Reply

  37. ass…..,pa ustad mau tanya soal lembaran yang transfer melalui bank bca masing 20rb,yang lembaranya kita sebar luaskan minimal 100 eksemplar,itu bener ga ya…..

    Comment by wayoe din | December 12, 2011 | Reply

  38. assalamu’alaikum..
    yang terhomat redaksi rubik ini.

    saya mempunyai masalah, kronologisnya begini..

    “saya hidup di bangku kuliah smt 5. ayah sudah wafat dan saya dibiayai kakak yg masih belia. sejak smt 3,, khidupan saya yang dulu selalu bertaqwa berubah 180 derajat. sejak saya punya temen cewek “katakan saja pacar” saya telah berzina, mabok, meninggalkan perintah Allah dan sebagainya. sekarang saya rasa tidak ada waktu untuk kembali ke jalan Allah”. saya putus asa,,,

    saya hanya berharap bisa terlepas dari belenggu syetan ini.

    saya berpikir, saya lebih baik meninggalkan kuliah saya untuk terlepas dari masalah ini. tapi bagaimana nasib wanita yang telah ku nodai itu, sebenarnya dia hanya pelampiasan buatku. dan bagaimna jg dengan harapan keluargaku. aq bingung,… selama aku tidak bisa meninggalkan dunia ini aku tetap terjerat dala rankulan syetan.

    mohon diberi solusi,.

    SEKIA, WASSALAMU’ALAIKUM

    Comment by salikun | December 13, 2011 | Reply

  39. Asslamau’alaikum Ustadz yang saya muliakan.
    Ustadz ane mo minta saran terkait permasalahan ane. ane seorang PNS dan ane pernah terlibat dalam korupsi dan sebagian besar barang2 yang ane punya dibeli dr uang tersebut. nah sekarang ane dah tobat ustadz ga pengen lg ky gituan tp permasalahannya gmane ustadz terkait barang2 yang ane miliki dr hasil tersebut??? padahal kebanyakan barang2 tersebut memang sangat ane perlukan dan ane kaga punya duit lg yang halal buat ngebeli barang2 yang ane perlukan.gaji ane jg tinggal separo buat makan ama keluarga yg separonya dipotong bank itu juga kg cukup buat keperluan ama keluarga tolong ustadz beri ane saran dan pencerahan sebagai sesama umat sayyidina Muhammad SAW. Syukron katsiir yaa Ustadzii..

    Comment by andy | December 17, 2011 | Reply

  40. ASLAMU’ALAIKUM USTADZ saya mau tnya bagaimana menyikapi seseorang yang menfitnah kita?apa yang harus kita lakukan?dan bagaimana sikap kita jika bertemu dengan orang tersebut?

    Comment by as | December 18, 2011 | Reply

  41. assalamualaikum
    Ustad, sekolah saya ingin mengundang anda untuk mengisi acara ceramah agama. bagaimana cara saya menghubungi anda ?

    Comment by baladhika w | January 10, 2012 | Reply

  42. Assalamu’alaikum ustad,
    Saya mau tanya bagaimana sih agar saya lebih mengenal Allah,bagaimana sih cara dalam Islam menyikapi segala masalah yang kita alami?saya pengin tau caranya agar doa kita terkabul,dan agar saya menjadi orang yang sukses dunia akhirat,di Ridloi Allah SWT.?sebelumnya ucapkan terima kasih.

    Comment by idris baroroh | January 23, 2012 | Reply

  43. Assalamu’alaikum ustad.
    saya mohon motivasi dan arahan yang baik, gini ustad saya kepengen nikah banget karena saya takut jika tidak segera menikah akan terjerumus ke hal yang Allah benci, kalau calon InsyAllah sudah ada da sudah siap, tapi yang jadi kendala saya adalah saya takut jika nikah nanti saya tidak bisa mencukupi kebutuhan (menakahi) keluarga saya, dikarenbakan saya dan calon istri saya masih kuliah (tapi sadah hampir selesai, tinggal skripsi), dan saya takut bilang dengan ortu saya bilang buat ngelamar si gadis tersebut…
    mohon arahan..
    terimaka kasih..

    Comment by chan law | February 2, 2012 | Reply

  44. ustazd . amalan srt al waqiah , apa ada tata cara kusus/ ijazah . alhamdulillah sy sdh mengamalkan setiap habis sholat subuh sy baca 1x. tp sy perna dengar bila amalan waqiah , sebaiknya /abdolnya ada yang bimging , izajahi atau riadhoh ….. mohan pencerahan , arahan supaya lbh mantep dan yakin …. kalo ada ijazahi mhn di izinkan uk mengamalkan spy lebih sempurna amalan rutin alwaqiah ….. wassalam , terima ksh bantuanya…

    Comment by ismail | February 6, 2012 | Reply

  45. tadz….,ane kuli rendahan dikantor disudirman,ane pengen bgt jadi pengusaha tapi ane miskin kagak dableg duit banyak sedekahnye dkit melulu dalem ati pengen bgt sedekah yg bnyak ga mau dkit2,tapi ane bingung ga tau usaha yang cakep.mohon di ijazahin surat waqiah ke ane yee. bimbing ane tadz. makasih dah sebelum nye. wassalam.cecep sugianto (ingelton@yahoo.co.id)

    Comment by cecep sugianto | February 17, 2012 | Reply

  46. assalmualaiku,
    ustd saya mau tanya, apa seorang istri berdosa apabila menuntut uang belanja atau uang harian. . .
    Karna sebelumya saya stiap hari di jatah,tp uda 2bulan nich saya gak pernah di kasih lagi?
    Saya harus gimana ustd? Sedangkan swami saya orang punya.
    Tlong di jwb y ustd.trmaksh
    wassalamuaikum.wr.wb

    Comment by umiey | March 1, 2012 | Reply

  47. assalmualaiku,
    sedikit cerita. Saya berasal dari keluarga yg tdk mampu, Ibu tidak sekolah, bapak klas 3 SD. karena kegigihan keluarga saya berhasil menyelesaikan pendidikan sampai SI akuntansi dan S2 manajemen dgn biaya yg susah payah..saya pernah jadi auditor & sekarang saya menjadi dosen tidak tetap diperguruan tinggi dikota kami.
    Yang jadi uneg-uneg saya adalah:
    Selama ini saya selalu bekerja dgn jujur, meskipun saya berhasil sampai S2, tapi rejeki yg saya dapat sampai sekarang belum mengikuti. Mungkin orang akan ketawa pendapatan saya jd dosen, jauh dibawah UMK (kalah dgn tukang becak). jadi tuk memenuhi kebutuhan keluarga saya hrs cari tambahan lain. Ya hasilnya sampai sekarang masih di pas-pasin.
    Saya adalah tipe pekerja keras. Saya selalu gagal dlm meraih mimpi. Bebera kali usaha mau gol (95% berhasil) pd akhirnya gagal juga & ini berulang kali, sampai saya merasa frustasi. APA KESALAHANNYA SAYA..? Maaf, terkadang saya berpikir jelek, bahwa Alloh tidak adil” Kenapa…saya yg selalu menjunjung tinggi kejujuran didalam mencari nafkah dan suka menolong…kok selalu diberi kesulitan.
    Pada akhirnya saya hanya pasrah saya sudah berusaha dan trus berusaha namun yg diperoleh gak seberapa, saya selalu berusaha mensyukuri apa yg sy terima hari ini.
    Pertanyaa?
    BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN KESIALAN INI DAN BAGAIMANA CARANYA?
    (cat. umur saya skrang 43 th anak 2) Mohon jawabannya, terima kasih

    Comment by ratno | March 1, 2012 | Reply

  48. assalamualaikum ustad saya mohon diberi petunjuk untuk terhindar dari rasa malas dan segera bisa melunasi hutang. terima kasih ustad. wassalamualaikum

    Comment by nurul wathoni | April 19, 2012 | Reply

  49. Assalamu’alaikum ustadz…
    Gmn si caranya agar qt g’ jd orang pemarah,soalnya aq susah nahan emosi

    Comment by atus sholikhah | April 20, 2012 | Reply

  50. ustadz,sy mau nanya bagaimana cara minta maaf pada suami yang telah meninggal dunia karena dulu semasa beliau hidup sy telah menghianatinya dan belum sempat minta maaf pada beliau sampai meninggal dunia

    Comment by yusnita | April 22, 2012 | Reply

  51. Ass.. Maaf pak ustad q bth n0 yg dpt sya hub pd pak ustad.ad yg hruz sya tnykan.sgt penting skali.trmks

    Comment by Hamidah | April 22, 2012 | Reply

  52. Mau tau doa amalan harian setelah sholat wajib apa aja yg harus dibaca?b

    Comment by ita | April 22, 2012 | Reply

  53. Ustt asalamualaikum wr.wb….. Ustat saya seorg,wanita berumur 21 thn dn ank sy berumur 2thn 4bln saya baru 1bln ditigal suami saya menigal pd umr 24thn….ustat apkah nanti ketika saya mati dan diakherat saya bs berkumpul dgn suami Ɣªⁿğ amat saya cintai itu,saya buka al-qur’an tdk menemukn surah Ɣªⁿğ menytakn hal seperti itu,saya hny menumkn bahwa jika suami saya termasuk dalam golngan org beriman maka nanti disurga akn dikumplkn ank dan cucunya degan syrat ank cucuny juga beriman,tdk ada megatakn istrinya. Saya sagat hawtir degan suami saya!karna sewtu hidup dia sgt sering menigalkan solat,puasa,…akat tetapi dia sagat baik dan dermawan,,dan suami saya menigal ditempat kecelakan apkh benar suami sy mati secara sahid dunia,,dan isaallah akan dibantu rosullulah,dln menjawb pertanyan malaikan,dan juga saya selama 6thn berumah tanga sering bertengkar sehiga membuat saya sgt menyedal,..krn saya khawatir td diridoi olh suami saya krn sering πγª saya bertegkar,,saya juga blm pernh dimimpi suami saya ada brp kali tp ¡Ʈu̶̲̅ (˚⌣˚)┌» disaat saya haid dn ap kh ¡Ʈu̶̲̅ (˚⌣˚)┌» bnr ruh πγª padal kebnykn org bilng kalau bnr ruhny dia tidk ngomong ap2 sdngkn dimipi ¡Ʈu̶̲̅ (˚⌣˚)┌» suami saya sll berbicara trmksh tolng jwbn πγª aslamualikum

    Comment by haviza | April 24, 2012 | Reply

  54. ustadz saya seorang perempuan berumur 22th, ustadz apa benar orang yg suka mencuri rezeki ke depannya bakal dipersulit sama Allah. waktu semasa kuliah saya sering mencuri uang tpi uang tersebut saya gunakan untuk menyenangkan keluarga saya ibu, bapak dan adik2 saya termasuk membeli obat untuk ibu saya sakit. saya selalu dikucilkan oleh saudara2 sya sehingga saya segan kalau ada butuh sama mereka. saya jarang bilang jika mau minjam sesuatu, contoh: pinjam baju & barang lain, saya suka maen ambil saja. karena mereka sering memberi respon tidak enak kalau saya minjam sesuatu sama mereka. kesini-sini akhirnya kelakuan saya ketahuan dan saudara2 saya pun seperti memendam rasa tidak suka sama saya.
    dari dulu saya selalu meminta sama Allah “ya allah jangan kau biarkan perbuatan saya selama ini menjadi dampak kesulitan saya untuk membahagiakan keluarga saya” saya sangat menyayangi ibu, bapak dan adik2 saya, bahkan saya ingin melihat hidup mereka senang sebelum saya menikah nanti.
    yang saya bingungkan sekarang saudara2 saya sudah tidak percaya lagi sama saya. saya malu ustadz sama mereka. hidup saya seperti berakhir disini. bagaimana ustadz caranya biar saya mengembalikan kepercayaan mereka dan bagaimana caranya supaya saya istiqamah dalam menjalankan kebaikan? trus apakah Allah masih merencanakan sesuatu yg baik buat saya dan keluarga saya, jika saya benar2 berusaha menjadi org yg lebih baik lagi?
    ustadz saya minta solusinya, saya bingung harus minta nasihat kepada siapa.

    Comment by yuli | May 22, 2012 | Reply

  55. assalamu’alaikum arahmatullah… ustadz semoga suatu saat Allah SWT akan mempertemukan kita dalam waktu yang tidak disangka2.. sy ingin sharing banyak hal sama ustadz….dan klo berkenan no hp ustadz boleh sy minta. ne no hp sy 087875264385. syukron katsiron

    Comment by Ratie Hanifah | May 26, 2012 | Reply

  56. assalamu’alaikum..ustad saya mau tanya mana yang harus saya dahulukan membayar hutang atau menafkahi orang tua ?.saya sudah kerja dengan gaji 2juta. saya harus membayar hutang sebesar 1,3 juta.lalu orang tua saya juga meminta uang sebesar 300 -500ribu setiap bulan…sudah pasti sisa gaji saya tidak cukup utuk biaya makan dan hidup saya sendiri.sehingga setiap bulan saya harus meminjam uang untuk menutupi biaya hidup yang kurang.mohon juga solusinya agar sya tida terus-trusan “gali lobang tutup lobang”

    Comment by tri | July 2, 2012 | Reply

  57. mantab bos

    Comment by Tausiah Yusuf Mansyur | July 28, 2012 | Reply

  58. ass.. ustad gmn cara agar bs menjadi imam yg baik dlm kluarg..

    Comment by khori | August 2, 2012 | Reply

  59. ustadz apa tdk ada rencana mendirikan PP Darul QURAN d sekitar daerah gresik pasuruan atau malang ..surabaya..pengen banget anak saya pondokan di Darul Quran..

    Comment by lucky | September 3, 2012 | Reply

  60. assalamualaikum ust, sy sofiah dari Medan, saya pingin banget tuk brangkat Umrah akhir tahun ni tapi saya ga punya biaya, yang ada cuma niat doang o y umur saya 26 tahun, bnyak banget keinginan saya yg belum tercapai, contohnya seumuran saya dah pantes bget buat nikah, sedeah da saya lakukan, sholat dhuha n tahajjud masih terus diterappin tuk di istiqomahkan, keinginan saya tuk berangkat ketanah suci, saya pengin banget ngelaksanain sholat di dpn ka’bah, tp melihat keungan yg sangat minim bnget rasa percaya diri mulai luntur ust, beberapa kali saya sms ust di bln semalam tp ga ada konfirnasi, jujur sy pingin bgt jumpa ust, sy pingin blajar bnyak dari ust, sy yg miskin ilmu mohon bimbingannya, satu lagi sy ikut MLM yg bergerak di obat2an herbal, tp saya ga ngerti apa yg salah dgan diri saya, setiap sy prospek orang yg pastinya di tolak bdn saya trus drop, mohon bimbingannya ust!!!!!!!.

    Comment by sofi | September 19, 2012 | Reply

  61. assalamualaiku ast. sy hdp d lngkng orng hindu, jd sllu bergaul dg orng hindu, dulu orang tua saya merantau. kesalahan saya yaitu saya tidak mengaji (kecuali kalau orang tua datang). setelah dewasa saya yang merantau, orang tua saya yang dirumah. sampai sekarang saya sudah berkeluarga dan alhamdulillah sudah dikaruniai 3 anak laki-laki. waktu saya pulang teman-teman saya sudah masuk islam dan fasih baca al quran, saya jadi malu dan pengin belajar baca al quran serta mengamalkannya, tapi otak saya gak jenius, saya sudah tahajud, dhuha,dan sedekah (tapi kecil) memohon ampun dan mohon dipermudah baca al quran, apa yang mesti saya lakukan,,,,,? wassalamualaikum wr wb.

    Comment by redd_one | September 19, 2012 | Reply

  62. aslmalykm pak ustat yusuf.saya misbahun.saya ingin bertanya,saya sering melakukan onani.saya ingin berhenti dan sudah melakukan sholat taubat.tapi saya tidak kuat menhan dosa itu lagi.dan saya melakukan dosa itu lagi pak ustat apakah allah mash mengampuni saya pak ustat.penjelasanya

    Comment by misbahun | November 15, 2012 | Reply

  63. ustad,q mw nanya.aq kan merantau di jakarta,saat ini gaji sya pas2 an bwt byr kul ama mtor…tpiy ustad sedikit gaji saya pgen saya sedekah in ke ank yatim,tpiy saya jarang mmeberi uang ke ortu saya,trs sya hrs sedekah dlu apa memberi sisa gji saya ke org tua,saya jga pgen ngumpulin uang untuk plg kmpung,tp ga bisa2,trs gmana pak ustad biar sya iklash untuk sedekah,tpiy ortu hrus tau apa enggak kalo saya sedekah???

    Comment by dina ayu | December 7, 2012 | Reply

  64. assalamualaikum….ustadz mw naya ni gimana ya saya menikah dengan suami saya yang punya anak 2 saya satu..tapi masalah ngasih jatah uang ke anaknya sepertinya besar dari pada dia ngasih ke saya terus klw ada apa2 masalh sekolah semuanya ke suami saya harus gimana sikap saya? maksih

    Comment by astuti | February 12, 2013 | Reply

  65. Asalammualaikum Pak Ustad
    Pak ustad saya mau tanya? saya sedih melihat musibah yang di timpa kedua orang tua saya, masalah saudara saya yang nakal, dll perasaan saya musibah yang di timpa ke dua orang tua saya tak pernah hilang, nanti hilang datang lagi begitu pak ustad, salah kedua orang tua saya apa sampe musibah tak pernah berhenti?
    bukan saya tidak menerima kehendak allah pak ustad, mohon bantuan pak ustad apa yang harus saya lakukan? sebenernya saya ingin bicara langsung dengan pak ustad mohon pencerahannya pak ustad, kalau pak ustad tidak keberatan saya minta email , atau no hp pak ustad.
    Terima kasih

    Comment by ani | June 18, 2013 | Reply

  66. Aslkm Pak ustad, sy seorang istri yg telah ditinggal oleh suami (wafat) sekitar 4bln yg lalu. Saya sangat terpukul dgn kepergian beliau krn sy py banyak kesalahan pada beliau dan blm sempat memhn maaf padanya. Beliau pergi tanpa memberi pesan apapun. Pertanyaan sy adalah bagaimana cara saya memohon maaf padanya, sy sgt mencintainya, tp sy egois. Mohon pencerahannya Ustad agar kesalahan sy dpt dimaafkannya dan bertemu beliau nantinyai sbg pendampingnya di sana. Saya sangat takut dgn hukuman Allah bagi istri yg dorhaka. Syukon…

    Comment by wiya | January 3, 2014 | Reply

  67. ustd.sya mau tnya apa kah membayar hutang orang tua yg jumlahnya besar,dan butuh waktu yg lama untuk melunasinya termasuk dalam sedekah?dan apakaha sudah gugur kah kewajiban sedekah saya atau sya msh harus mensedekahkan harta saya?

    Comment by joejoe | June 12, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 161 other followers

%d bloggers like this: