Ust. Yusuf Mansur Diary

Diary Online Ustadz Yusuf Mansur

Perjalanan Hidup bersama Allah 4

“Sayur Oyong Bening sama Sambel”

Ranjang berderit. Ini ditanyakan bahkan oleh adik saya mengupload tulisan ini. Ya ranjang berderit ini barangkali karena tempat tidur tua kali ya. Masya Allah, nbaru naikin kaki satu aja atau naro badan dikit, ini ranjang udah bunyi: Ngeeeek……Ngiiiiik….

Zaman engkong Nadi babehnya mertua saya, dua2nya udah almarhum, ini ranjang udah ada. Kebayang kan tuanya. Tapi tetap saya syukuri. Diranjang inilah ” Huurun iin”, Permata saya.  Istri saya maemunah. yg kejaga pandangannya. Kejaga matanya. Kejaga juga tangan dan kakinya.

Subhanallaah…deh. Istri saya ini memang Subhanallaah.. kayak negeri dongeng. Dia ga pernah megang dan dipegang laki2. Karena mungkin umurnya. Saat itu baru 14 th. Tapi memang sih, 14 TH nya anak sekarang seperti saya bilang tempo hari, ya beda banget. Sebagai anak  kampung, Maemunah kejaga. Sama seperti anak2 yang lain. Beruntunglah ketapang. Sebagai kampung kecil di pinggiran mentok Jawa Barat. TV baru ada di sono tahun-tahun 1990.  Lumayan selamat dari pengaruh TV saat itu. Hanya satu dua orang kaya. Kalo ga juragan telor, juragan ayam, ya pak haji yang pergi haji pake jual tanah lalu besisa uangnya. Selebihnya, masyarakat petani dan pekebun. Kalaulah mereka ada duit, mereka pasti sudah akan memilih ditabung buat makan anak2nya, atau ditabung buat beli pupuk dan obat2an besawah dan beladang.

Sekarang perubahan nih kampung kelewat cepet. Perumahan meringsek, seiring dengan jadinya propinsinya banten. Tanggerang menggeliat. Ada sisi negatifnya. Embun pagi udah ga ada. Kabut sore hari juga udah gak ada. Dulu suara kodok,  jangkerik,  murah di dengar. Sekarang ?, wuah langka banget. Tokek juga jarang, Dulu nih ya uler aja keluar masuk rumah, biasa.
Kita-kita lagi nongkrong nih di depan rumah, diatas bale, dibawah pohon mangga 3 uler lewat begitu saja depan kami2. Menghentikan sejenak obrolan kami2. Tentu saja tanpa permisi hehehe. Yang namanya kodok masuk rumah, jangan ditanya dah. Ihhh, ceritanya kayak dimanaaa gitu yaa, tapi percaya atau tidak, sebagian Jakarta saja, 1995-1999 masih kayak gitu deh. Yakin. Sekarang mah kontrakan dimana-mana berdiri. Indomaret, Alfamart, bahkan Giant dan Carefour udah masuk kampung.

Istri saya dibesarkan di kultur Betawi yang pagi siang malam, mengaji. Sebagai gambaran nih ya, istri saya pendiam. Asli pendiam. Surabaya-Banyuwangi, yang pake bus bisa 8 jam, yakin, huruf a juga ga keluar dari mulutnya. Dia bilang, dia gak bisa ngomong. Bukan gak suka ngomong.  Kawan-kawannya bilang, kalo ngerumpi, ga bisa ngajak si Nunun ( Panggilan kawan-kawan istri ke istri saya ). Ga seru. Ga pernah nimpalin.

Wah, kok jadi muji2 istri ya? Ga apa2 deh. Emang layak dipuji. Masaknya juga jago. Bikin sambelnya mantab. Istri saya ini juga wasilah saya semangat mencari rizki. Yah, para istri sangat berperan memberi semangat mancari rizki sebelom nikah, saya pernah silaturahim ke rumah istri. Sekitaran Agustus 1999. Waktu itu saya pulang ngajar di salah satu Madrasah di ketapang. Maenlah saya kerumah beliau Camer, Calon mertua, Saya ditawarin makan.
“Nun ,  kakanya sediain makan. Punya apa tuh kita?”,  saya senang tp yang ditanya gelagapan. Sebab barangkali tahu, ni emak maen nawarin aja, ga mikir ga ada apa2. Gitu tuh cerita istri di kemudian hari.

Alhamdulillah, ternyata ada menu kesukaan saya. Sayur Oyong bening, alias a ada apa2nya lagi..Engga ding. Yah namanya aja udah sayur Oyong bening. Ya emang ga ada apa2 kecuali ya Oyongnya. Tapi di sebagian keluarga betawi yang berkecukupan, sayur oyong ini ditambah bakso, udang, tahu,  dll. Tapi ya tetap alhamdulillah. Saat itu, makanannya saya, 1 Indomie buat 8 orang. Ya, saya tinggal dirumahnya Bang Herman. Abang2an saya. Dia anaknya 5. Sama saya jadi enam. Plus dia dan istrinya, 8. Karena serba  pas2an,  kadang lauknya itu mie rebus 1 bungkus. Yg penting Nyium wanginya. Gitu. Atau kaloi malam beli nasi goreng sebungkus kemudian dicampur nasi putih buat dimakan ber-8. jadi kl ada sayur oyong, wah itu udah barang langka buat saya.

Siang itu, saya dapet menu tambahan istimewa.  Ada sambelnya Alhamdulillah, nikmat sekali. Emang ya jamaah, kalo ukurannya adalah ukuran bawah, maka segala nikmat yg terhidang niscaya bs disyukuri. Ada 1 kejadian, sblm makan, yg menjadi pemacu saya mencari rizki, dan sy inget sepanjang masa… ( Bersambung )

December 16, 2009 - Posted by | Cerita |

31 Comments »

  1. ya ALLAH semoga saya mendapatkan pasangan hidup yang bisa diajak beribadah dan mengajak beribadah,hanya karena ALLAH

    Comment by kikie berto | December 16, 2009 | Reply

  2. Alhamdullilah. Suatu hari kalau ada hidangan bening oyong Insya Allah ingat bersyukurnya Ustadz ;))

    Comment by Ria Hidayat | December 16, 2009 | Reply

  3. Aslm wr wb ust gak sangka makana kesukaan ust sayur oyong,kapan2 main kedaerah cilincing ust nanti ust tinggal pilih masah saur oyong atau oyng bakar pasti MANTAB……..

    Comment by ali sarwian | December 16, 2009 | Reply

  4. ust adik ane ingin sekali sekolah/pesantren di tahfidz Qur’an cara bagaimana…Ust tolong berikan infonya

    Comment by ahmad rifai | December 16, 2009 | Reply

  5. Membaca dan memahami cerita bang yusuf hati ini rasanya terenyuh dan selalu ingin mengucapin rasa syukur karena dengan nikmat yang Allah berikan pd Qta tidak sebanding dengan apa yag telah Qta perbuat(ibadah).

    Comment by LUQMAN | December 16, 2009 | Reply

  6. Ya Allah semoga suami saya menjadi salah satu orang yang bersyukur berbekal pengalaman masa lalu yang walau penuh kekurangan tapi kaya hati…..

    Comment by Widhi | December 16, 2009 | Reply

  7. semuanya harus step by step ya Ustadz,,, biar terasa nikmat gt ya? hehehe

    Comment by nad donat | December 16, 2009 | Reply

  8. Subhanallah, syukur alhamdulilah atas kbhagiaan keluarga ustadz yusuf…, smga kelak suami sy n sy pribadi bs sling mencintai, mengasihi, memuji ,menghormati krn alloh swt.
    Amin ya rabbalalamin. Saya
    Mhon doa dari ustadz dan keluarga beserta semua jamaah, agar saya slalu brsyukur krn saat ini hati sy sdang risau.., doakan smga sy bs mjd istri yg sholeha, dan ibu yg baik utk anak kami yg insyaalloh lahi bln januari nanti. Smga dngan amanah ini kami slaku calon orang tua bs lbh baik lg kdpanx. Amin

    Comment by Rosi | December 16, 2009 | Reply

  9. numpang nge-link dengan blog ane ya ustadz…

    moga hidup kite barokah.. amien..

    Comment by akangwahied | December 16, 2009 | Reply

  10. Sholu alla Muhammad Ya Ustad Semoga ALLAH Swt Selalu menJaga Kesehatan, Rizqi , Serta Panjang umur & Barokah ustadz …

    Comment by Fathur | December 16, 2009 | Reply

  11. alhamdulillah,dng membaca pengalaman ustadz akan menjadi pengingat untuk slalu bersyukur kpd allah.amin

    Comment by nurhabibah | December 16, 2009 | Reply

  12. Tad, ane kalo baca kisah ente jadi sedih. Ustad punya bini bener2 mantab… gak kayak bini ane, gak ada bersyukurnya. Malah bebuat yang kagak2….

    Comment by arsyuluddin | December 16, 2009 | Reply

  13. Subhanallah kisah pak ustadz membuat saya untuk slalu mensyukuri nikmat yg diberi ALLAH SWT apapun bentuknya…

    Comment by rita pratiwi | December 16, 2009 | Reply

  14. SubhanaAllah…

    Comment by Seti M | December 16, 2009 | Reply

  15. aslm. Senang skali bs m’baca ksah hdup ustad yg sedrhana, mga bs jadi panutan dan lebih belajar bersyukur atas nikmatnya yang Allah sdh kasi slama ini, klo bleh crita prjuangan hidup waktu jaman skolah/ kuliah dulu jg y ustad biar bisa ngasih motivasi bwt qt2 yg kdng semngat blajarny naek trun, . . Klo diluar sh bnyak profil org sukses/besar tp yag suksesnya bersama Allah i2 kyknya jaarang ktemu deh . . . Makasih sbelumnya usatd moga sarannya bisa dpertimbangakan n senang skali bs gbung di forum ini. .
    Kurnia _ makassar

    Comment by kurnia | December 16, 2009 | Reply

  16. pelajaran buat saya…yg kadang lupa mensyukuri nikmat Allah..terima kasih pa ustadz

    Comment by Sinta Harris | December 16, 2009 | Reply

  17. Subhnallh….istri sejati…

    Comment by Olay | December 16, 2009 | Reply

  18. subhanallah,, ustad,, jadi agak tersentil,,, untuk memikirkan hakikat pernikahan..😀

    Comment by lara | December 16, 2009 | Reply

  19. pak,ustad ane mau tanya kalo lg kesusahan ada selalu didatengin sama saudara2 ane yg udah meninggal beliau selalu bilang ” jangan takut rezeki pasti nga akan kemana2 apa artinya semua itu!

    Comment by NURHALI | December 16, 2009 | Reply

  20. Ustad, stlh baca ini sy jd malu sm diri sy sendiri yg sll kurang bersyukur. MasyaAllah….. Trm ksh atas plajaran berharganya mll crita ini….

    Comment by Poppy | December 16, 2009 | Reply

  21. Ustadz…hari Senin kemarin saya ke pesantren Ustadz di Ketapang….Subhanallah bener banget saya jadi bisa ngebayang tahun 1990 kayak gimana tu kampung…..na sekarang aja masih ada sawah….tp dengan adanya Pesantren Darul Qur’an ibarat intan ditengah belantara…hehehe…

    Comment by Dewi Pertiwi | December 16, 2009 | Reply

  22. ya sebagai manusia kita musti bersukur dengan apa yang kita dapat karena masih banyak saudara kita yang gak bisa makan berkecukupan

    Comment by apri | December 16, 2009 | Reply

  23. allhamdulillah masih bisa makan dengan sayur dari pada ga ada ya allhalillah ya ustad

    Comment by apri | December 16, 2009 | Reply

  24. […] Perjalanan Hidup bersama Allah 4 “Sayur Oyong Bening sama Sambel” Ranjang berderit. Ini ditanyakan bahkan oleh adik saya mengupload […] […]

    Pingback by Top Posts — WordPress.com | December 17, 2009 | Reply

  25. Alhamdullilah…. arifin… sudah punya panutan yang mantap

    Comment by yulli E | December 17, 2009 | Reply

  26. subhanallah….cb suami aq ky ustad….

    Comment by imelda | December 17, 2009 | Reply

  27. moga2 aja sy cpt dpt jodoh yang baik dengan kualitas dunia akhirat,ya paling tidak akhirat dulu deh.amin.

    Comment by liya sunanta | December 18, 2009 | Reply

  28. klo hidup di jalani dg syukur terasa nikmat

    Comment by prawira sasmita | December 21, 2009 | Reply

  29. Semoga istri ane dan ane jadi sholehah n soleh kayak keluarga ustadz.

    Comment by Ahmad Ayas Rabbani | December 30, 2009 | Reply

  30. pa ustadz antum memang orang yang inspiratif ane jadi nyesel ga bisa prihatin kaya antum, ternyata Allah Memilih orang yang terpilih sebagai pilihannya tidak salah pilih, terlebih lagi antum wajahnya Familiar pencampuran antara ustadz cilik dan ustadz jefri lebih lebih keikhlasan antum. saya banyak ceramah pakai kisah inspiratif saya juga dan saya tulis di Blog saya mohon Ustadz liat di http://www.Mav.Production 26.blogspot.com atau cari kata kunci virotomo di google nanti ketemu dech blog saya. antum memang orang pilihan yang dipilih dalam keadaan tidak salah pilih

    Comment by m. asep virotomo | October 11, 2011 | Reply


Leave a Reply

